Web yang sering dikunjungi orang merupakan nilai plus bagi seorang web designer. Banyaknya pengunjung yang datang dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan seseorang dalam merancang dan mengembangkan sebuah website profesional.
Ada beberapa unsur yang mempengaruhi keberhasilan tersebut, diantaranya: mudah digunakan, proses koneksi cepat, tampilan menarik, perpaduan warna sangat tepat, navigasi mudah dipahami dan digunakan, isi artikel sangat berguna, dan masih banyak lagi unsur lain. Semua itu bergantung pada respon pengunjung/pengguna terhadap website yang kita buat.
Saat ini website sudah menjadi salah satu bagian dari identitas sebuah institusi, sama pentingnya dengan alamat perusahaan. Website dapat dijadikan “guide” bagi pelanggan untuk mengetahui lebih jauh tentang profil sebuah institusi secara online. Ada beberapa kelebihan dan manfaat website sehingga banyak orang membutuhkan kehadirannya, diantaranya:
Memiliki alamat secara online
Jangkauan tanpa batas sehingga dapat diakses oleh pengguna di seluruh dunia dalam waktu yang tak terbatas (24 jam sehari tanpa henti).
Dapat berfungsi sebagai identitas pribadi/perusahaan tentang profil diri agar dapat diketahui oleh para customer dalam menjalankan bisnis sehingga komunikasi dapat berjalan dengan mulus.
Situs personal dapat berfungsi sebagai juru bicara untuk menuangkan ide, gagasan, kritik, saran, berbagi ilmu, dan suara hati lainnya yang ingin dituangkan ke dalam situs melalui tulisan. Pada akhirnya menjadi “image branding” terhadap orang yang bersangkutan. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak orang, dan ini terbukti banyaknya orang “selebritis IT” hanya karena tulisan yang ada di situs pribadinya.
Menjadi cermin pribadi maupun citra perusahaan apabila fitur yang disediakan cukup interaktif dan dinamis.
Semua manfaat itu tidak akan terwujud jika bentuk dan fitur website “amburadul”. Itu semua sangat bergantung pada sang “web developer” dalam memvisualisasikan profil perusahaan ke dalam website. Meskipun demikian, sebagai pemilik situs juga harus ikut terllibat dalam pembentukan dan pengembangan website yang interaktif dan dinamis agar sesuai dengan sasaran dan tujuan yang ingin dicapai. Hal inilah yang jarang disadari oleh para pemilik situs. Umumnya para pemilik situs mempercayakan seluruh pengembangannya kepada sang “web developer”
Berikut ini ada beberapa tips untuk calon pemilik situs dalam memberikan masukan kepada pengembang web agar pembuatan situs .dapat berjalan dengan lancar sehingga tidak melenceng dari sasaran dan tujuan.
Melakukan survei dengan mesin pencari (search engine) tentang contoh situs yang sudah ada dan situs pesaing bisnis yang sudah muncul. Pelajarilah dengan seksama terhadap situs tersebut, jika perlu tulislah poin-poin penting yang menjadi andalan situs tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam menentukan isi situs yang akan ditampilkan.
Dari hasil survei tersebut, tulislah keinginan Anda tentang isi situs yang akan dibuat secara detail. Catatan tersebut menjadi acuan untuk memilah-milah bagian yang penting dan yang tidak penting. Jika memiliki anggaran yang terbatas, maka poin-poin yang penting dapat didahulukan untuk ditampilkan.
Buatlah sketsa tata letak halaman (coretan di atas kertas menggunakan pensil untuk membuat kotak-kotak yang dinamai). Bayangkan tentang tata letak (layout) web yang akan dibuat, Susunlah bagian yang akan ditonjolkan (eye-catching) pada atas terlebih dulu dan yang tidak penting pada bagian yang lain. Usahakan membuat pula halaman lain jika masing-masing halaman terdapat perbedaan bentuk.
Susunlah kata kunci (keyword) yang digunakan sebagai acuan pencarian. Pikirkanlah secara seksama tentang isi situs Anda untuk menentukan kata kunci yang tepat agar pengguna dapat menemukan situs Anda secara cepat berdasarkan kata kunci yang dimasukkan. Jika memiliki beberapa kata kunci, urutkan kata kunci tersebut berdasarkan prioritas. (misal: datakom, lintas, buana, penebit, buku, bermutu).
Periksa kembali data-data dalam situs sebelum di-launching. Hal ini untuk memudahkan dalam perbaikan situs sebelum diletakkan secara on-line.
3.1. KATEGORI WEB
Website yang dibuat oleh seorang pengembang web (web developer) harus benar-benar mencerminkan identitas suatu institusi, jangan sampai bertolak belakang antara isi (content) dengan bentuk dan tata letak situs itu sendiri. Ada beberapa point yang barus diperhatikan, salah satunya adalah tentang kategori situs itu sendiri. Sebagai contoh, jika seorang pengembang web diberi tugas untuk membuat sebuah situs anak-anak maka dia harus mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan dunia anak-anak. Menyangkut masalah pemilihan jenis huruf (font), kombinasi warna, penggunaan gambar, animasi, dan unsur lain yang mendukung.
Pemilihan warna dan jenis font yang digunakan sangat mempengaruhi kesan yang melekat di benak para pengguna/ pengunjung. Sebagai contoh, jika Anda membuat situs anak-anak sebaiknya menggunakan warna yang cerah dan disukai anak-anak, sisipkan pula gambar dan animasi yang dapat membangkitkan keinginan sang pengguna untuk lebih lama lagi membaca informasi yang disajikan.
Sebaliknya, jangan terlalu banyak menyisipkan animasi maupun gambar pada situs dalam kategori referensi, misal: kamus, perpustakaan, dan lain-lain.
Meskipun belum ada situs resmi yang membuat kategori tentang sebuah website, berikut ini terdapat informasi yang sedikit membantu dalam mengelompokkan website berdasarkan kategori.
SITUS BISNIS DAN EKONOMI : Asosiasi & Organisasi, E-commerce dan Jasa, Finansial & Investasi, Bussines Center, dan lain-lain.
Rabu, 01 April 2009
MERANCANG WEB
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar